Monday, September 13, 2010

Negeri Orang Orang Pintar

Beberapa waktu yang lalu Alhamdulillah ane dapat kesempatan mengunjungi salah satu univesitas terbesar yang ada di Indonesia. Negeri orang orang pintar, begitu ane menyebutnya. Kampus yang ane maksud adalah Institut Teknologi Bandung. Setelah tahun lalu berkesempatan mengunjungi Universitas Indonesia, maka Agustus kemarin, tepatnya 18 Agustus 2010 dan Alhamdulillah bersamaan dengan bulan Ramadhan, ane berkesempatan menjejakkan kaki ke Kampus ITB. Ga pernah terbayang bisa dapat kesempatan seperti ini folks. it' feel so happy ^^


Mengunjungi kampus ITB benar benar merupakan pengalaman baru bagi ane. Soalnya kampus ini termasuk salah satu kampus yang paling diminati kebanyakan pemuda pemuda pintar dan berbakat di bumi Indonesia. ITB berlokasi di sekitar daerah Dago - Bandung. Kontur alam Bandung yang termasuk daerah dataran tinggi, menyebabkan suasana kampus ini terasa sejuk dan asri. Pohon pohon rindang berjejer rapi di kiri dan kanan jalan menuju kampus ini.

Mulailah ane melangkah masuk dari dekat Aula Timur ITB. Gedung yang pertama kali ane temui adalah Gedung Pusat Informasi ITB. Desain bangunan ITB di rancang berundak undak. mungkin mengikuti kontur tanah bumi pasundan yang umumnya berdataran tinggi. that's what is on my mind folks. Kesan yang terasa, walaupun nama Kampus ini Institut "Teknologi"  Bandung yang kerasa berat karena ada kata kata yang berbau Teknik, namun tampilan yang terlihat ga sekaku yang ane bayangkan folks. Kelas kelas mahasiswa dan bangunan bangunan yang ada di kampus ini ter tata begitu rapi di kiri dan kanan area kampus. sementara bagian tengahnya kebanyakan dirancang seperti taman atau area duduk duduk untuk menyegarkan menyegarkan pikiran.

Humm trus, kebanyakan mahasiswanya terlihat begitu aktif di sela sela waktu luang kuliah mereka. Di pinggir pinggir gedung kuliah, di sudut sudut nya terlihat sekelompok mahasiswa yang sedang berdiskusi dengan santai, ada yang selonjoran sendirian, ada yang berhadap hadapan satu sama lain.. ada juga yang serius dengan lappie nya menikmati fasilitas hotspot yang mungkin hampir meng cover keseluruhan area kampus ITB ini. Melihat suasana ini, ane jadi terkenang masa masa kuliah dulu.. ga kerasa uda hampir 3 tahun bangku kuliah ane tinggalin.. huft.. not realize but time surely goes fast.. he..3x. Perbedaan yang ane rasain.. kalau dibandingkan dengan suasana di kampus ane dulu di USU (Univ Sumaterta Utara) dengan ITB adalah.. semangat mencari ilmu dan aktif dalam kegiatan organisasi di ITB jauh.. jauh.. and i mean it.. jauh banget.. dibandingkan dengan di USU.. specially di kampus ane.

Memanfaatkan waktu luang semaksimal mungkin dengan hal hal yang bermanfaat, menambah pemahaman dan pengetahuan. Kemudian semangat untuk bersaing satu sama lain dalam hal prestasi dan organisasi.. semangat dan ego tidak mau kalah dengan sesama mahasiswa lain.. adalah semangat rivalitas yang sangat sangat baik yang telah terbina di kampus ini. Maka ga heran kalau jebolan jebolan dari kampus ini menjadi orang orang terbaik yang mengisi posisi di perusahaan perusahaan besar baik nasional maupun internasional. Because in a real world.. compete is a natural value and it's a must.. and prior skill to survive.. but absolutely you have to do it politely, legally and with the right way -_-;;

Humm bukannya terlalu mendewakan kampus ini folks.. but it's the true feeling that i felt to this University -_-;;. So.. buat kampus ane sendiri masih banyak yang harus dibenahi, baik dari pengelola kampus yaitu pihak pihak rektorat dan jajaran dosen.. maupun pihak mahasiswa, setidaknya semangat mengejar ilmu dengan sungguh sungguh.. (ga pake nyontek kalau ujian.. kalo ini pengalaman pribadi dan tidak untuk di tiru ya folks -_-;; ), serta semangat untuk berkompetisi antara sesama teman kuliah adalah beberapa hal yang sudah mulai harus ditumbuhkan. hope the next generation of my campus will be better then my generation.

Disisi lain juga, hal yang perlu di contoh adalah kuatnya ikatan alumni kampus ini. Di dunia luar yang penuh dengan tantangan serta arus perjuangan yang keras. Uluran tangan alumni yang telah berhasil menaklukkan tantangan, sangat sangat di butuhkan. Dari sisi alumni, ini adalah sebentuk kepedulian dan sumbangsih pada almamaternya yang telah membesarkan hingga bisa berhasil. Dari sisi mahasiswa yang baru saja menapaki "real world" setelah tamat, tentu saja uluran bantuan dari alumni adalah sebentuk keteladanan baik yang perlu dan harus terus di wariskan kepada generasi generasi berikutnya.


Sebentuk sombol dari ikatan antara alumni dan mahasiswa kampus ini adalah sebuah tugu alumni yang berdiri di tengah tengah kampus ini, dengan semboyan "Sekali Teman tetap Teman". Jujur folks.. saat membaca kalimat ini sedikit merinding.. membayangkan betapa kuat rasa bakti dan bangga alumni kampus ini pada almamaternya. sebuah keteladanan tidak hanya bagi mahasiswa ITB.. tapi juga mungkin buat mahasiswa dan alumni kampus kampus lain -_-;;

Bagian terakhir dari kunjungan yang sangat berkesan dari negeri orang orang pintar ini adalah "Salman". Masjid kampus yang dulu pada saat kuliah, hanya bisa terbayangkan oleh ane ketika membaca sebuah novel. Mesjid yang membuat ane penasaran tentang bagaimana teduhnya suasana dan ukhuwah antara sesama ikhwan di sana. humm.. Alhamdulillah tak pernah terbayangkan oleh ane bisa shalat Dhuha.. tilawah.. dan Shalat Dzuhur berjamaah di mesjid itu. Dan memang.. suasananya seperti yang ane bayangkan.. begitu banyak ikhwah yang bersemangat dalam ibadahnya.. tilwah, dhuha, humm mungkin secara sekilas ane melihat.. "Salman" uda jadi pusat dari aktivitas para pemuda pemuda muslim di ITB.. Subhanallah.. Alhamdulillah.. Allahuakbar!! ^^/

Nah.. dari daftar 5 kampus besar Indonesia yang pernah ane kunjungi.. ini adalah kampus besar kedua yang uda ane kunjungi.. maybe next time i will get a chance to visit my third list.. UGM Jogjakarta.. hope so.. ^^ see you next time folks.. keep istiqamah..

2 comments: