Sunday, August 15, 2010

Silaturahim ke Tangerang

Pukul 10 malam.. Ramadhan hari ke lima tahun 1431 H, baru aja kembali dari silaturahim ke tempat saudara di Tangerang folks.. rada pegel juga sih.. tapi Alhamdulillah berhasil meluangkan waktu mengunjungi saudara yang ga banyak di pulau Jawa ini.. maafkan saya karena jarang sekali berkunjung.. -.-;;

Berangkat ke Tangerang sekitar pukul 4 sore di hari sabtu setelah pulang "nyangkul" di pabrik (ngejar setoran buat masa depan.. he..3x). awalnya sih mengira bisa sampai di Tangerang pas waktu buka.. eh ternyata jalan macet dan terpaksa ifthar dijalan.. nyampe di terminal poris palawad - Tangerang sekitar pukul 6.30 malam.. T_T.. terus segera setelah nyampe langsung sms sepupu nya bapak (om) yang tinggal di Tangerang ngasi tau kalo ane uda nyampe dan sekalian minta dijemput.. asik.. ha..3x

Dari saat merencanakan silaturahim ke tempat sepupunya bapak ane ini ane uda ngebayangin bakal balas  dendam..!! -_-;; hloh..kok?? he.. tenang folks.. yang ane maksud balas dendam disini adalah..memuaskan dan memanjakan lidah dengan masakan Aceh yang jarang sekali ane temuin di pulau jawa ini.. :D dan sesampainya di rumah beliau bener aja.. Nasi, "Eungkot Tumeh", Kerupuk Kulit, Dendeng Sapi, dan "Boh RoRom" uda terhidang di meja makan.. Tanpa basa basi langsung comot "Boh Rorom" satu.. "Laper om" kata ane sambil senyum senyum..setelah satu - dua comot (eh.. tiga..empat.atau lima ya.. he..3x -_-;; ) "Boh Rorom".. langsung hajar nasi campur "Eungkot Tumeh" kali ini bahannya ikan kayu yang uda di masak dan langsung dibawa dari Aceh.

Kebetulan ada ibunya om itu (Nenek dari sepupu bapak ane) yang datang dari Aceh.. lengkap sudah nikmat dunia ini slurrrpp..yaaayy ..\^^/.. Gawat air liur ampir tumpah.. sikat makanannya.. ^^/.. oia uda jadi kebiasaan ane kadang suka nambahin garam di nasi.. mungkin bagi yang ga biasa liat.. bisa mikir, ni orang ko aneh banget nabur garam di nasi.. humm long ago when i was child.. i saw my father do this stuff, then as you can predict, like father like son.. yah maklum aja sifat anak yang suka niru.. dan ga sadar jadi kebiasaan.. -_-;; but trust me.. for me it make food tastier and delicious.. maybe sometimes you should try.. juts for try.. and see if you like it or not he..3x.

Seperti umumnya silaturahim, ada banyak hal yang diceritakan.. nah diantara banyak hal itu, ada yang sangat menarik yang diceritain ke ane. it's about why Aceh is called "Serambi Mekkah".. banyak orang menganggap kata "Serambi Mekkah" yang di sematkan ke Aceh adalah karena orang Aceh lebih mengedapankan aturan aturan islam dalam bermasyarakat..a.k.a budaya islami di Aceh kental.. ternyata itu ga sepenuhnya benar folks..

Asal mulanya adalah (menurut ibunya om ane ini ya folks.. beliau uda cukup tua juga.. jadi ane percaya.. terserah deh folks mau percaya atau ga.. he..3x..) karena Lokasi Aceh itu dekat dengan wilayah Arab (Mekah) makanya Aceh di sebut "Serambi-Mekah", dulunya sih banyak patung patung di Aceh mungkin ada pengaruh Hindu.. terus datanglah pedagang pedagang dari Arab.. sembari berdagang mereka menyebarkan ajaran Islam dan akhirnya menghancurkan patung patung yang ada di Aceh.. makanya di Aceh itu akhirnya semua penduduknya beragama islam.. dan boleh jadi sampai sekarang.. salah satu daerah di Indonesia yang 99% agama penduduknya islam adalah Aceh. Nah terus ternyata asalah kata ACEH juga merupakan singkatan dari Arab - Cina - Eropa dan Hindia. selama ini ane menganggap kalau itu adalah candaan yang muncul di masyarakat, tapi ternyata menurut nenek itu bener lo folks.. dan memang ada di sejarah.. (kalau yang ini menurut istrinya om ane)..Glad to hear about my cultural history.. ^^

Penasaran juga.. nah akhirnya ane cari infonya.. menurut sejarawan ada 5 alasan kenapa Aceh disebut "Serambi Mekkah". Pertama, Aceh merupakan daerah perdana masuk Islam di Nusantara, tepatnya di kawasan pantai Timur, Peureulak, dan Pasai. Kedua, daerah Aceh pernah menjadi kiblat ilmu pengetahuan di Nusantara dengan hadirnya Jami’ah Baiturrahman (Universitas Baiturrahman) lengkap dengan berbagai fakultas.Ketiga, Kerajaan Aceh Darussalam pernah mendapat pengakuan dari Syarif Makkah atas nama Khalifah Islam di Turki bahwa Kerajaan Aceh adalah “pelindung” kerajaan-kerajaan Islam lainnya di Nusantara. Keempat, daerah Aceh pernah menjadi pangkalan/pelabuhan Haji untuk seluruh nusantara.(dekat dengan Mekkah). Kelima, banyak persamaan antara Aceh (saat itu) -make me sad to bold this statement- dengan Makkah, sama-sama Islam, bermazhab Syafi’i, berbudaya Islam, berpakaian Islam, berhiburan Islam, dan berhukum dengan hukum Islam. Seluruh penduduk Makkah beragama Islam dan seluruh penduduk Aceh juga Islam. Orang Aceh masuk dalam agama Islam secara kaffah (totalitas), tidak ada campur aduk antara adat kebiasaan dengan ajaran Islam. (info dari berbagai sumber - online)

Dan saat ini menurut ane.. Ada banyak.. baaanyak.. baaanyaaakkk.. sekali PR yang harus dilakukan untuk memulihkan kata "Serambi Mekkah" yang sempat mengharumkan nama Aceh dulu.. faktanya kondisi kini tak sebaik dulu.. ;( ..humm ok folks.. that's all for today.. a little bit tired.. still have to do some of my "Target Yaumiyah Ramadhan" ^^;; hope this Ramadhan will make me better than last year.. i know you can and always hear me Allah.. "istajibu du'a ana".. amin..

No comments:

Post a Comment