Tuesday, March 30, 2010

Tashil

Apa sih Tashil itu..? mungkin itu adalah pertanyaan yang folks utarakan sewaktu membaca judul yang ane tulis. Jadi gini nih ceritanya folks..  pekan kemarin ane ketemu dengan bacaan ini sewaktu sedang tahsin.. humm..ingat ga kalau dulu ane pernah nulis tentang "Saktah" folks.. ? nah Tashil ini masih saudaraan sama Saktah.. he..3x.

Yup folks.. Tashil merupakan salah satu cara baca Gharib (aneh) dalam Al Quran. Nah.. aneh disini artinya tidak biasa.. artinya apa yang tertulis, dibaca dengan cara baca nya tersendiri. kalau folks masih ingat mengenai Saktah.. kata kata dalam Al Quran yang termasuk dalam Saktah dibaca dengan memutus bacaan.. sehingga terdengar seperti berhenti padahal tidak.

Humm kali ini, ane menemukan bacaan sejenis.. yang bernama Tashil.. i will explain it to you folks. Arti Tashil secara bahasa memberi kemudahan atau keringanan, sedangkan dalam istilah qiraat, Tashil diartikan membaca hamzah kedua. dalam riwayat Hafs bacaan Tashil hanya satu yaitu أأعجمي وعربي (QS. al-Fusshilat:44). 

Ketika bertemu dua hamzah qatha’ yang berurutan pada satu kata maka melafadzkan kata semacam ini bagi orang Arab terasa berat, sehingga bacaan seperti ini bisa meringankan. Hamzah yang kedua pada bacaan itu dibaca ringan dengan bunyi diantara hamzah dan alif.. (cara membacanya ane belum mempraktekkan folks.. i little bit curious.. how to differ between alif and hamzah pronounciation..  -_-;;).

Kesimpulannya folks.. cara membaca Tashil ini perlu di konsultasikan  dengan guru tahsin antum sekalian.. he..3x -_-*

1 comment:

  1. heheheeeee, dah serius nih bacanya, ternyataaaaaaaa :D

    ReplyDelete