Monday, January 25, 2010

Duty as a Muslim


Menulis blog atau apapun itu yang sifatnya tulisan, bagi yang tidak biasa akan terasa sangat berat. Ada saja alasan yang muncul,yang menggagalkan kita untuk menulis. Umumnya sih alasannya hampir sama tapi beda variannya..dari mulai "Belum dapat mood yang pas","Tidak ada waktu,karena kesibukan".. sampai alasan "Pengen tulisannya bener bener berkualitas". Yup, intinya sama folks..kesemua alasan alasan itu bermuara pada satu titik, sebuah kebiasaan yang tidak disenangi oleh Rasulullah yang mungkin tanpa disadari menjadi bagian dari hidup kita sehari hari..(kita..?? ana aja kali...^^;;)

Folks sekalian insyaAllah sudah tahu lah..apa kebiasaan itu.. that's right.."Menunda nunda Suatu Urusan". Beliau pernah mengingatkan kita dengan kata kata yang dirangkai penuh cinta..yang kira kira intinya nih folks..jangan tunda yang bisa kamu lakukan saat ini hingga datangnya waktu petang, dan jangan tunda apa yang bisa kamu lakukan di waktu petang hingga datangnya waktu pagi.

Terkadang muncul ide ide bagus dan brilian dari folks sekalian, namun karena tidak ditulis ya..endingnya sudah bisa ditebak..ide ide brilian dan cikal bakal kemajuan akhirnya menguap begitu saja. Sangat disayangkan folks..

Humm.. oleh sebab itu bagi ane, menulis sangat penting. Ia adalah sebuah rekaman sejarah yang bercerita kepada generasi berikut, Ia adalah sebuah episode yang bisa menjadi ibrah bagi yang membacanya. dan semoga..InsyaAllah Ia adalah manfaat bagi manusia yang lain..dan lagi lagi menulis butuh usaha..Usaha yang dibangun dengan komitmen dan sikap istiqamah..seperti sabda Rasulullah yang kira-kira bunyinya.."Allah itu menyenangi usaha(ibadah) yang sedikit sedikit namun konsisten, ketimbang usaha(ibadah) yang banyak namun sesekali". So..as a good muslim..as Allah servant we must do things that make Him love us more..and more..dan menulislah agar Allah senang pada mu..gitu kira kira folks.. ^^

Ok cukup mukadimah nya..(kepanjangan kali ya..ha..3x). Hari ini ana mau nulis tentang tauhid, berhubung ahad kemarin dapat materi tentang tauhid. Let's start folks..are you ready..?? ^o^/

Bagi seorang muslim ada 3 point yang menjadi kewajiban tauhid nya pada Allah S.W.T

The first is Rububiyah, it's mean Meng Esakan Allah atau mengakui Allah adalah satu satunya yang maha atas penciptaan, kekuasaan, dan pengaturan. Hal ini tercantum pada surah Azzumar : 62, surah Al Mulk : 1, surah Al A'raf : 54. intinya kita mengakui Allah sebagai satu satunya yang mengatur kehidupan,memberi rizki, dll.

The second is Uluhiyah, bisa juga disebut Tauhid Ibadah.. artinya Meng Esakan Allah pada ibadah, tidak menyekutukan Allah pada sesuatu apapun sebagaimana ia menyembah pada Allah. Tidak percaya (beriman) pada sesuatu apapun melainkan hanya pada Allah, pada apa yang disampaikanNya, atau Rasul Nya. Nah folks.. tauhid kedua inilah yang menjadi bagian dari perjuangan Rasulullah sejak dulu di masa jahiliyah.

Masyarakat jahiliyah dahulu bukannya tidak percaya kepada Allah folks..mereka percaya..namun hanya sampai pada tahap Rububiyah saja..namun pada tahap Uluhiyah..mereka menyekutukannya dengan sesembahan lain yang tidak bisa memberi manfaat sedikit pun pada mereka. Latta dan Uzza sebenarnya adalah potrait orang orang shalih terdahulu yang dipertuhankan oleh masyarakat jahiliyah sebagai perantara untuk menyembah Allah. Kalo ane bilang sih..maksudnya baik..tapi caranya salah jadilah mereka dimurkai dan tersesat.

Kemudian mereka percaya hal hal lain seperti ramalan, hari baik - hari buruk dll. nah sampe tahap ini ana mikir nih folks..kalau ternyata kebiasaan ini juga ada hingga sekarang. Kebiasaan yang sangat membahayakan bagi kita yang bisa membuat kita keluar dari tauhid kepada Allah. adalah salah satu contoh nyata pengrusakan akida umat ini, atau hal - hal yang sangat samar seperti "Ketik REG spasi Primbon","Iseng Pengen Liat Ramalan Bintang",  ucapan ucapan "Wah dasar kamu, orang sagitarius suka plin plan", atau ucapan "Untung ada Pulpen ini jadinya ujian ku lancar"... Wow folks.. be very very carefull.. so many way from the devil to make you lost.. Maka berhati hatilah atas apa yang kita lakukan dan ucapkan folks..karena sadar atau tidak ucapan kita.. tingkah laku kita.. menunjukkan apa yang kita percayai.. Semoga Allah melindungi kita dari dosa menyekutukan Nya.. amin..

And the third and the last is Asma' wal Sifat, it's mean meng Esakan Allah sesuai dengan sifat dan nama yang Ia sandangkan sendiri, atau yang didengar dari Rasulullah s.a.w dengan menetapkan apa yang ditetapkan Allah dan menafikkan apa yang dinafikkan Nya, tanpa mengubah, menyerupakanNya dengan makna lain, mempertanyakan dan menafikkan.

That's all for today folks.. Semoga menambah pengetahuan dan memberi manfaat bagi folks sekalian.. Assalamu'alaykum wr wb..^^/

3 comments:

  1. hmmmm..tp kalo kita manganalisa sifat diri kita hmmm.saya kira masih tidak melencenglah..
    seperti contoh.."saya orangnya keras ya..hmmm..dasarnya orang korelis sih". itu artinya kita menganalisa diri kita untuk mengetahui siapa kita untuk berhadapan dengan lingkungan dgn orang lain.
    JAdi, kayaknya kita harus bisa memisahkan pada yang termasuk sirik mana yg bukan..begitu...
    btw, nice artikel..^_^

    ReplyDelete
  2. [blog walking]

    blogna makin mantabh aja gan….
    salam hangat.

    http://justposting.wordpress.com

    ReplyDelete
  3. @aisyah muna : makasih ukht uda mau coment di situs ini ^^, ehm bener2 pendapat antum.intinya sih menurut ana gimana kita berhati2 dan waspada dari mempercayai sesuatu yang bertentanga dengan iman kita pada Allah ^.^

    @akh nikolas : jazakallah akh..doakan agar lebih baik dan istiqomah nulisnya. tetap semangat ^^/

    ReplyDelete