Sunday, December 27, 2009

First Day in Home Town


Alhamdulillah akhirnya nyampe juga ana di my home sweet home guys..feels very good, inspiring athmosphere..a good place to recharge my spirit..being far far away from crowded town.. Walaupun waktu pulang tadi malam, bis yang ane tumpangin sempat mogok dan berhenti selama 2 jam..ha..3x..T_T. Setelah 2 minggu yang padat sebelum libur akhir tahun..mulai dari rutinitas kerjaan..plus dengan beberapa kegiatan yang ana anggap bermanfaat (semoga Allah membalasnya)..bantu bantu nyiapin pamflet untuk beberapa kajian..ngikutin kajian bulanan yang diisi oleh ustad hari mukti pada sore hari 17 desember di PT, trus ngikutin juga beberapa kajian yang sempat diadaiin di masjid mekar indah..materi yang di berikan juga top markotop deh..misalnya soal "Kristenisasi terselubung di Bekasi"..it's alot of stuff to raise my spirit..

Alhamdulillah.. ^^ ada beberapa hikmah yang meresap ke hati.. Semoga bisa di aplikasikan ke kehidupan sehari hari. Seperti yang seperti murabbi ane selalu sampaikan saat liqa..
"Tujuan kita mengadakan liqa ini bukan untuk menyerap ilmu saja..karena islam bukan dien yang theoritical saja, tapi aplikasikan lah hasil liqa'an ini dalam kehidupan sehari-hari," begitu katanya dengan penuh wibawa.

So.. lastly i try to make some improvement in my life and find some way to aplicate things that i grasp from liqa, in to my daily life.. this is not easy folks.. believe me i mean it..!! but i'm sure to Allah and this is my struggle to gain His "ridha".. (afwan kalo bahasa nya gado2.. ^^;; ).

Hari ini ada dua hikmah yang ingin ane share..first is about "kompas kehidupan" which is inspired from ceramah Ust Hari Mukti pada kajian bulanan kemarin. Sebagai seorang muslim hendaknya menjadikan kompas ini sebagai acuan dalam memilih setiap daily activity yang dijalani.. kompas ini memiliki lima jarum folks..they called "Wajib","Sunnah","Mubah","Makruh","Haram"..

Cara menggunakan nya gampang banget.. all you have to do is stay focus and concious in your life..and use your ability to thing (dengan akal ya folks..bukan dengan perasaan). Example.. misalnya kamu lagi main basket ni folks..trus ada yang ngajakin ikut pengajian, nah pakai deh kompas kehidupan itu.. ask your self  "main basket kompasnya kearah mana ya..? oo kompas nunjukin jarumnya ke arah mubah yang artinya boleh.. trus pengajian kompasnya ke arah mana ya..?? oow ternyata jarumnya nunjukin ke arah wajib.." Nah ikutin deh arah kompasnya folks, dahulukan yang wajib..inyaAllah it will leads you to the straight way..(i believe you now what i mean..right folks..?? ^^)..

Ok..nah itu hikmah pertama, yang kedua adalah mengenai iman folks.. ane pengen ngajakin folks sekalian untuk berkontemplasi.. merenungi.. coba deh simak ayat Alquran berikut :

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ ءَامَنَّا بِاللَّهِ وَاليَوْمِ الأَخِرِ وَمَا هُم بِمُؤْمِنِينَ {8} يُخَادِعُونَ اللَّهَ وَالَّذِينَ ءَامَنُوا وَمَا يَخْدَعُونَ إِلاَّ أَنفُسَهُمْ وَمَا يَشْعُرُونَ {9} فِي قُلُوبِهِم مَّرَضُُ فَزَادَهُمُ اللَّهُ مَرَضًا وَلَهُمْ عَذّابٌ أَلِيمُ بِمَا كَانُوا يَكْذِبُونَ {10}

“Di antara manusia ada yang mengatakan:’kami beriman kepada Allah dan Hari Kemudian’, padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman (8). Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar (9). Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta (10)”. (Q.,s. al-baqarah).

humm dari ayat diatas keliatan kan folks,kalau ada orang2 yang mengira mereka telah beriman padahal tidak..beranjak dari ayat ini mari kita semua menggunakan pikiran kita folks..dan tanyakan apakah kita termasuk golongan orang2 yang disindir oleh Allah dalam ayat diatas atau tidak..coba renungi dengan jujur folks..sambil juga perhatikan definisi iman yang sebenarnya :

Al iimaanu 'aqdun bil qolbi wa ikraarun bil lisani wa 'amalu bil arkan.


Artinya : Iman adalah tanggapan hati (proses menanggapi) kemudian dinyatakan dalam lisan (proses pernyataan diri/sikap) dan menjelma kedalam seluruh laku perbuatan (proses pembuktian dalam hidup). Atau dengan kata lain Iman adalah tambatan hati yang menggema ke dalam seluruh ucapan dan laku perbuatan.

nah tanyakan kembali folks..iman seperti apa yang kita miliki..? apakah sudah iman yang sebenarnya..?? atau sebenarnya kita.. ternyata kita.. jangan jangan kita.. belum beriman/mengimani sama sekali??

hopefully with this ayat will make us realize about our iman condition..,the very important things is STRUGGLE our IMAN with all power that we have to make it more better and better from day..to day..
semoga membawa manfaat folks.. ^^/

No comments:

Post a Comment